5 Tips Memilih Rumah Bali untuk Dijadikan Hunian Bersensasi Resort

Saat survei harga tiket, ternyata rata-rata harga tiket pesawat beberapa maskapai penerbangan menuju Bali jauh lebih mahal daripada menuju Singapura dan Malaysia. Begitupula dengan akomodasi berupa hotel dan resort-nya. Tapi, jika Anda memiliki rumah Bali, maka Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi saat berlibur di pulau ini.

Membeli rumah di daerah paradise-nya Indonesia ini memang terdengar sangat wah dan bisa dibayangkan bujetnya yang tidak sedikit. Memang benar, namun cara ini bagus sekali dan sangat membantu Anda yang suka jalan-jalan ke Bali untuk berhemat. Selain itu, hunian ini juga bisa menjadi investasi yang menggiurkan untuk ditekuni.

Anda bisa menyulap rumah Anda menjadi hunian dengan kenyamanan yang sama seperti resort. Keinginan berlibur dan rekreasi untuk menghilangkan penat atau stres akibat kerja bisa teratasi tanpa perlu memikirkan bujet untuk akomodasi lagi. Nah, tertarik untuk memiliki hunian dengan sensasi resort? Ikuti beberapa tips berikut dalam memilih dan membelinya.

1. Berada di Tepi Pantai

Tips pertama agar rumah yang Anda beli di Bali menawarkan sensasi resort yaitu dengan memilih yang lokasinya di tepi pantai. Pastikan pula lokasinya jauh dari hingar bingar kota dan polusi jalan raya serta bangunan tinggi yang mengingatkan Anda pada perkantoran tempat Anda bekerja. Karena, tujuan tinggal di resort adalah untuk merilekskan diri.

Meski berada di tepi pantai, Anda tetap perlu membuat 2 taman, yaitu di dalam bangunan maupun di luarnya. Anda pernah melihat rumah di India yang bagian tengah ruangannya dibiarkan tanpa atap? Nah, jika ruang terbuka di tengah-tengah rumah India ditujukan untuk tempat upacara atau tari-tarian, maka pada rumah resort Anda digunakan untuk taman.

2. Dekat dengan Destinasi Wisata

Rumah Bali Anda juga harus dekat dengan destinasi wisata atau atraksi utama karena akomodasi seperti inilah yang umumnya disukai oleh wisatawan. Mudah bagi Anda untuk mengakses destinasi dan menyaksikan atraksi yang tidak bisa And lihat di hari biasa seperti saat kembali pada rutinitas kerja.

Selain itu, usahakan agar rumah yang Anda pilih lokasinya dekat pula dengan tempat makan atau restoran serta coffe shop. Menyediakan tempat terbuka untuk bakar-bakar ikan, ayam, dan barbeque juga bisa Anda coba aplikasikan.

Kemudian, fasilitas olahraga dan rekreasi lainnya juga pastikan ada di sekitar rumah Anda agar tujuan dibuatnya resort untuk menghilangkan stres pengujung bisa juga diberikan oleh rumah Anda. Jadi, begitu bangun pagi, Anda bisa memanfaatkan fasilitas olahraga terdekat seperti fitness, berenang, bahkan main golf.

3. Membuat Fasilitas Rekreatif

Tips ketiga yaitu membuat fasilitas rekreatif di outdoor atau indoor-nya. Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, untuk outdoor, Anda bisa memilih rumah yang memiliki tempat bermain tenis dan kolam renang pribadi atau sengaja membuatnya sendiri. Kolam renang ini bisa Anda buat terbuka dengan langsung menghadap ke view pantai.

Kemudian untuk indoor, buat kamar tidur dan kamar mandi Anda benar-benar identik dengan resort. Anda bisa mencoba menambahkan perabot bernuansa laut dan pantai untuk interior kamar Anda sehingga sensasi berlibur di laut bisa Anda rasakan pula saat berada di kamar.

4. Desain Etnik yang Unik dan Menarik

Rumah Bali yang Anda pilih juga harus memiliki desain etnik yang unik sehingga mampu menarik orang untuk datang berkunjung. Umumnya, resort menerapkan warna soft seperti pastel, misalnya biru laut pada lukisan atau perabot kamar mandi. Sedangkan dindingnya terbuat dari kayu atau bambu sehingga membuat Anda benar-benar merasakan suasana alam.

Selanjutnya, Anda bisa menambahkan kesan vintage dan rustic dengan menambahkan kelambu atau aroma terapi. Begitupula dengan function room atau ruang serbaguna yang bisa digunakan untuk acara-acara penting seperti resepsi pernikahan dan lainnya. Tema ruang terbuka atau green garden sangat mudah untuk diaplikasikan di sini.

5. Ada Balkon atau Connecting Room

Tips terakhir agar rumah Anda senyaman resort adalah dengan membuat pintu penghubung (connecting room). Bisa juga dengan membuat balkon (di lantai 2) dengan tangga. Jadi, baik pintu penghubung maupun balkon bisa langsung terhubung dengan pemandangan luar.

Pintu balkon dan penghubung ini dibuat dari kaca agar begitu bangun pagi dan membuka tirai, Anda bisa langsung menikmati pemandangan taman, kolam renang pribadi, gazebo, atau pantai. Dengan adanya kedua fasilitas ini, Anda akan semakin mudah rileks dan semangat positif Anda untuk bekerja dan beraktivitas bisa ikut ter-charge.

Rumah Bali dengan sensasi resort juga bisa coba Anda sewakan sebagai guest house. Apalagi jika rumah Anda di Bali ini hanya dikunjungi pada saat-saat tertentu saja dan bukan dijadikan tempat tinggal Anda. Fasilitas lainnya yang perlu Anda sediakan yaitu lounge, ruang administrasi, telopon umum, dan lainnya yang biasa Anda dapati di resort aslinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *